PHP PHP sudah terbukti kehandalannya untuk menangani aplikasi internet yang kompleks yang banyak diterapkan pada e-commerce. | |
Dengan RAD (Rapid Application Development), Delphi menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam membuat aplikasi. Bahkan bagi seorang pemula sekali pun. | |
Untuk membuat halaman web yang dinamis, yang mampu berinteraksi dengan pemakainya dibutuhkan sebuah pemrograman server side yang salah satunya adalah Perl. | |
| |
Desain Web / HTML Menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan website. Mulai dari desain sampai upload ke server yang menyediakan space gratis. | |
Berisi uraian singkat mengenai JavaScript. Khusus bagi Anda yang sama sekali belum mengenal JavaScript. | |
PhotoShop Berisi uraian tentang cara-cara / teknik dalam melakukan desain dengan photoshop |
Kamis, 19 Juli 2007
TUTORIAL
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.07 0 komentar
Label: tutorial
Internet Gratis ?
Barangkali susah di percaya - sesuatu yang hi-tech seperti Internet bisa diberikan percuma. Tapi kalau kita jeli dan memperhatikan sekeliling kita sebetulnya ada banyak hal yang kita bisa peroleh secara gratisan. Perhatikan televisi siaran swasta, radio siaran, beberapa majalah profesional pun dibagikan gratis, kadang-kadang pager, kadang-kadang handphone, kadang-kadang koran, flyer dari berbagai supermarket banyak sekali media yang dapat kita peroleh secara gratis.
Internet gratis juga bukan sesuatu yang mustahil. Coba perhatikan - sekarang banyak akses e-mail berbasis Web yang diberikan secara gratis, contoh yang sering digunakan seperti hotmail.com, yahoo.com, usa.net, qsl.net dan masih banyak lagi orang yang memberikan servis e-mail gratis. Web juga tidak kalah serunya ada banyak tempat meletakkan web gratisan - seperti geocities.com.
Baiklah mungkin kita di Indonesia biasa dengan e-mail dan Web gratis, bagaimana dengan ISP atau akses ke Internet - sekarang semua harus membayar ke ISP atau menggunakan telkomnet instan. Mungkinkah akses ke ISP jadi gratis? Kalau di dunia sekarang - di Inggris sudah ada akses Internet gratis, FreeNet di Amerika Serikat telah memberikan akses Internet secara gratis sejak tahun 80-an, di Singapore juga tampaknya telah terbentuk ISP yang bisa memberikan akses gratisan.
Kita bisa saja berargumentasi - lha itu kan negara maju. Di Indonesia kalau kita perhatikan ada sesuatu juga yang bisa kita peroleh gratis dari akses Internet. Contoh nyata di Indonesia - sekarang ada Warung Internet yang memberikan soft-drink gratis bagi pengunjungnya … ini awal yang lumayan lah. Artinya bukan mustahil Internet semakin hari semakin murah.
Bagaimana ini semua bisa terjadi? Internet dari sisi informasi-nya tidak berbeda terlalu jauh dengan bisnis media sebetulnya - apakah itu media televisi, media radio, koran / surat kabar. RCTI, ANTV, SCTV, IndoSiar, KOMPAS, Republika, Rase FM, OZ FM semua media sebagian besar hidup-nya dari iklan & bukan dari biaya yang ambil pembaca / pendengar / pemirsa-nya. Semakin banyak pendengar / pembaca-nya dari golongan tertentu - maka semakin mungkin untuk memperoleh iklan yang di arahkan ke golongan pembaca / pemirsa tertentu tersebut.
Hal yang sama terjadi di Internet juga rupanya, semakin banyak orang berkumpul di suatu tempat virtual di Internet semakin mahal tempat tersebut sebagai ajang iklan. Perhatikan hotmail.com, yahoo.com - praktis semua tempat yang banyak di kunjungi orang menjadi tempat paling banyak di pasangi iklan-iklan. Kita bicara disini dalam orde juta-an manusia yang mengakses hotmail.com / yahoo.com. Bagaimana dengan Indonesia tampaknya sekarang yang menikmati pemasukan iklan dalam jumlah besar tidak banyak - minimal kompas.com & detik.com masing-masing berkisar antara seratusan juta / bulan hingga puluhan juta / bulan - semua dari iklan - yah lumayan buat balik modal.
Jadi strategi-nya adalah bagaimana caranya mengumpulkan sebanyak mungkin orang, sukur-sukur kita bisa tahu bagaimana profile orang yang berkumpul itu - nah massa yang berkumpul ini urusannya bisa menghasilkan duit atau bisa juga di arahkan ke kepentingan-kepentingan lain (bisa ekonomi maupun politik) untuk media yang mengumpulkan massa tersebut. Tinggal pandai-pandainya media yang mengumpulkan massa tersebut untuk menjual massa-nya ke penyandang dana yang akan diuntungkan oleh kumpulan massa tersebut.
Bagaimana cara mengumpulkan massa di Internet? Ada banyak cara mengumpulkan massa di Internet. Sebelum itu kita perlu menyimaki keistimewaan internet - yang sangat berbeda dengan media massa / media elektronik lainnya - internet memungkinkan interaksi yang dua arah dan dapat di customize sesuai dengan masing-masing orang. Koran, TV, media massa sifatnya lebih satu arah dan sukar sekali di customize untuk masing-masing pembaca. Nah seni-nya adalah bagaimana caranya kita mengeksplotasi kelebihan Internet yang sifatnya interaktif dua arah dan customize ini untuk mengumpulkan massa yang sebesar-besarnya.
Langkah yang konvensional adalah membuat protal (atau sederhananya pusat informasi) seperti Yahoo sehingga orang berkumpul. Langkah lain adalah mengeksploitasi kemampuan "real-time" internet dengan cara menyajikan berita-berita secepat mungkin hal ini dilakukan oleh kantor berita / surat kabar seperti CNN, detik.com. Tapi semua masih bersifat satu arah hanya mungkin bisa ditambah kemampuan customize.
Bayangkan kalau di tempat orang memperoleh berita / portal tersebut diberikan fasilitas diskusi yang sifatnya interaktif dan dibuat sekat-sekat untuk bidang / isu-isu tertentu … kira-kira seperti talk-show di TV / radio tapi ini di Internet. Tentunya akan lebih menarik lagi karena orang-orang yang tertarik dibidang / isu tertentu tersebut akan berkumpul setiap hari di situ .. hal ini akan menjadi kesempatan emas bagi penyedia layanan informasi / forum diskusi ini untuk menghasilkan devisa dari sponsorship dll.
Dengan cara-cara psikologi massa yang memanfaatkan semaksimal mungkin keuntungan internet yang sifatnya "real-time" dan "interaktif" maka massa dapat dikumpulkan dengan mudah sehingga dapat terjadi proses cross subsidi yang pada akhirnya dapat menguntungkan semua pihak … terutama pihak pengguna internet yang dapat memperoleh sebagian besar informasi yang dibutuhkan secara gratisan.
Tentunya khusus untuk Indonesia, rumusan di atas hanya berlaku jika jumlah pengguna internet yang ada cukup besar. Pendidikan & akses internet bagi pendidikan akan menjadi salah satu kunci yang paling menentukan dari semuanya.Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.06 0 komentar
Label: Fokus
Menghemat pulsa akses Internet
Dalam berbagai kesempatan memberikan ceramah-ceramah di berbagai daerah, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah "bagaimana caranya supaya akses Internet menjadi murah?" "koq pulsa telepon saya setelah menggunakan Internet menjadi Rp. 1 juta se bulan?" sekitar itu lah pertanyaan yang sering kali muncul.
Umumnya peserta ceramah-ceramah tersebut agak kaget setelah saya beritahukan bahwa pulsa telepon saya di rumah untuk Internet per bulan sekitar Rp. 200.000-an dan iuran ke ISP saya indo.net.id sekitar Rp. 40.000-an per bulan. Sebuah angka yang relatif kecil sekali di bandingkan dengan jumlah informasi yang saya terima setiap hari sekitar 600-700 e-mail.
Pada kesempatan ini akan saya coba jelaskan bagaimana strategi yang dapat kita gunakan supaya Internet menjadi murah. Strategi & trik-trik tersebut saya peroleh dari pengalaman sehari-hari di lapangan.
Yang pertama, saya lebih banyak menggunakan e-mail di Internet dibandingkan melakukan browsing & chatting. Praktis 98% waktu saya di Internet adalah menulis, mengirim & menerima e-mail - sangat sedikit sekali waktu yang saya berikan untuk melakukan browsing. Berbeda dengan browsing & surfing di Internet yang memposisikan kita sebagai konsumen informasi saja, dalam e-mail sering kali saya menjadi produsen informasi & langsung di sebarkan ke berbagai mailing list, secara filosofi menjadi produsen informasi akan jauh lebih menguntungkan & produktif daripada konsumen informasi. Menjelaskan sesuatu akan lebih baik daripada sekedar menerima penjelasan. E-mail juga merupakan media komunikasi interaktif dua arah sehingga secara filosofis juga lebih baik daripada web yang hanya satu arah saja.
Ada cukup banyak trik-trik yang bisa dilakukan dalam menggunakan e-mail tersebut, seperti saya lebih suka menggunakan e-mail account ISP bukan free Web based mail seperti yahoo.com, hotmail.com. Kalau di hitung benar-benar maka menggunakan e-mail account di ISP akan jauh lebih murah daripada yahoo & hotmail.
Tuliskan semua e-mail yang akan dikirim secara offline (modem tidak dimasukan ke telepon) dan di antrikan dalam antrian Outbox siap untuk dibuang ke Internet pada saat nanti modem di sambungkan. Hal ini tidak bisa dilakukan jika kita menggunakan free web mail seperti yahoo & hotmail. Jika menggunakan yahoo & hotmail telepon harus dinyalakan pada saat menulis e-mail jadi sangat merugikan. Apalagi kalau harus menulis / membaca ratusan mail setiap hari-nya.
Dengan menggunakan software e-mail seperti Eudora, Microsoft Outlook, Microsoft Outlook Express dengan sekali tekan tombol send-receive semua mail di Outbox akan dikirim ke Internet dan mail dari Internet di ambil masuk ke Inbox. Seluruh proses hanya akan membutuhkan waktu sekitar 3-5 menitan saja untuk transaksi sekitar 500-an mail dengan isi biasa-biasa saja (tidak ada attachment). Bayangkan kalau biaya yang kita bayar Rp. 150 / menit ke ISP & Telkom, maka hanya butuh sekitar Rp. 1000-2000 / hari untuk menerima & mengirim ratusan e-mail dari / ke Internet. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika anda menggunakan Yahoo & Hotmail.
Jika anda sering memperoleh spamming / mail yang tidak di inginkan maka coba gunakan fasilitas filter yang di sediakan di mail software mail anda. Saya biasanya cukup sadiz dalam hal ini, sering kali kalau saya menerima junk mail tersebut, langsung e-mail address orang tersebut saya masukan ke daftar yang mail-nya harus saya delete di server. Kira-kira dalam fasilitas filter caranya eudora / outlook express diminta untuk melihat "From:" kalau cocok e-mail address-nya perintahkan untuk di delete di server saja mailnya jangan di download ke PC kita - dengan cara itu akan sangat membantu meringankan beban telepon kita.
Saya harus akui bahwa saya tidak ada waktu untuk melakukan IRC / chatting karena saya sangat mobile sekali memberikan ceramah-ceramah jadi tidak mungkin melakukan IRC. Akhirnya e-mail menjadi pilihan yang paling natural dengan kondisi bekerja yang demikian mobile.
Bagaimana dengan Web? Akses ke Web memang penting terutama jika kita membutuhkan informasi / pengetahuan yang spesifik akan suatu hal. Kondisi saya memang agak berbeda dengan kebanyakan orang karena saya menggunakan laptop dengan fasilitas modem & ethernet yang bisa disambungkan ke LAN / Telepon dimana saja.
Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan agar akses Web yang kita lakukan dapat dilakukan secara effisien dan hemat pulsa. Saya coba memberikan beberapa trik yang mungkin akan membantu bagi kebanyakan orang yang menggunakan PC biasa dengan fasilitas dial-up dari rumah. Satu hal yang akan sangat membantu adalah mengakses Web dipagi hari (tepatnya subuh) sekitar jam 4-6 pagi, karena di waktu itu adalah waktu dimana traffik ke / dari Internet ke Indonesia sedang dalam posisi terendah - artinya tidak banyak orang yang menggunakan Internet dari Indonesia oleh karena itu jika kita mengakses Web di jam itu maka akan sangat terasa sekali bedanya di bandingkan di jam kerja apalagi jam 12 siang atau jam 4 sore hari dimana di situ adalah titik-titik tertinggi traffik Internet di Indonesia. Berbeda dengan akses Web, hal ini tidak berlaku bagi akses e-mail yang secara prinsip anda bisa melakukannya kapan saja karena akses e-mail hanya ke server mail lokal di ISP.
Selanjutnya pada saat akses Web, kita harus tahu secara pasti informasi / pengetahuan apa yang ingin kita cari di Internet - jangan sampai kita mengakses Web tanpa tujuan ang jelas - karena hampir dapat dipastikan hasilnya akan mubazir & akhirnya yang dicari hanya gambar-gambar saja yang membuang uang percuma - menurut saya, tentunya mungkin tidak percuma bagi yang ingin melampiaskan napsunya
Gunakan search engine seperti www.yahoo.com atau www.infoseek.com untuk mencari informasi / pengetahuan yang kita perlukan dengan memasukan keyword yang sesuai dengan pengetahuan tersebut. Misalnya kita tertarik dengan bisnis di Internet, bisa digunakan keyword e-commerce, small business atau spesifik di bidang yang kita inginkan.
Jika anda menggunakan Internet explorer maka ada baiknya menggunakan fasilitas "favourite" yang menyimpan halaman Web yang dinginkan dan di set pada saat kita masukan ke "favourite" supaya halaman Web bisa dibaca nantinya secara offline tanpa menyalakan modem. Penggunaan Web favourite yang bisa dibaca offline akan sangat membantu supaya kita tidak perlu membaca secara detail pada saat kita online di Internet tapi di save saja semuanya supaya nanti pada saat semua halaman sudah di download dan modem sudah di putuskan maka kita bisa membaca secara detail pengetahuan yang kita peroleh sambil santai minum kopi tanpa perlu kuatir membayar pulsa telkom yang mahal itu.
Fasilitas lain yang juga sangat membantu adalah fasilitas synchronize juga ada di dalam fasilitas favourite yang akan mensinkronisasi halaman Web yang kita inginkan apakah itu untuk meng-update supaya lebih baru lagi, atau juga untuk mengambil 2-3 link di bawah-nya sekaligus tanpa perlu kita meng-klik satu per satu link tersebut dan memasukan ke dalam favourite untuk di baca offline.
Jika anda adalah pengakses Internet yang cukup serius sebaiknya mencoba berfikir untuk meminta saluran telepon koin ke Telkom untuk diletakan dirumah anda. Bukannya apa-apa telepon koin pulsa-nya sekitar 40% lebih murah dibandingkan dengan telepon biasa. Kekurangan dari telepon koin adalah, saluran ini tidak bisa digunakan untuk menerima telepon hanya bisa digunakan untuk menelepon saja - untuk penggunaan Internet saluran telepon koin akan sangat ideal sekali karena Internet memang tidak membutuhkan kemampuan untuk menerima telepon karena selalu akan menelepon ke ISP saja.
Kira-kira demikian sebagian dari trik-trik yang dapat digunakan untuk menghemat pulsa anda dalam mengakses Internet. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mengakses Internet secara murah meriah.
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.05 0 komentar
Label: Fokus
Diskusi Melalui Mailing List di Internet
Abstrak
Tulisan ini akan membahas alternatif media / sarana komunikasi yang banyak digunakan di Internet untuk bertukar informasi / pikiran. Mailing list merupakan bentuk dasar dari diskusi secara elektronik yang berbasis elektronik mail. Aplikasi mailing list dibentuk jauh sebelum Web menjadi populer & memenuhi traffic Internet seperti saat ini. Akan tetapi mailing list merupakan sarana yang sangat ampuh - bahkan menurut pengalamanan penulis lebih ampuh dari pada Web yang sifatnya lebih pasif.
Pendahuluan
Pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat sederhana, seorang pengguna cukup mengirimkan E-mail ke satu alamat E-mail untuk kemudian di sebarkan ke semua member mailing list yang tergabung / berlangganan ke alamat E-mail tersebut. Bayangkan bagi seorang yang sedang kesulitan masalah komputer kemudian mengirimkan pertanyaan melalui E-mail ke mailing list tempat berkumpul para hackers, dapat diharapkan bahwa kemungkinan satu-dua orang hackers mengetahui jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Akhirnya dengan segera solusi dari masalah yang dihadapi dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat (mungkin diperlukan beberapa jam). Mailing list beroperasi 24 jam tanpa henti sepanjang tahun, mari kita banyangkan bersama apa yang terjadi jika kita melakukan diskusi secara terus menerus tanpa henti :
- Jika seseorang secara terus menerus secara serius dalam selang waktu yang lama (beberapa bulan bahkan tahun) - dapat diharapkan orang tersebut akan menjadi "ahli" dalam bidang yang didiskusikan tersebut. Artinya mailing list merupakan sebuah media effektif untuk proses pendidikan.
- Proses marketing / public relation sebuah perusahaan / product pada dasarnya merupakan sebuah proses pendidikan dari customer / user / client. Berbeda barangkali dengan konsep-konsep PR yang umumnya ada saat ini yang lebih banyak bergantung pada media non-interaktif dengan sedikit seminar / workshop. Dengan adanya mailing list proses marketing & PR dapat dilakukan secara interaktif & terus-menerus tanpa henti selama 24 jam sepanjang tahun. Dapat dibayangkan bahwa dengan konsistensi PR seperti itu dapat diharapkan image & eksistensi perusahaan akan menjadi lebih kuat dimata client-nya. Tentunya nanti bagian PR usaha / product tsb. harus secara selektif memilih untuk aktif di mailing list tertentu yang sesuai dengan product yg dipasarkan.
Jelas disini bahwa mailing list merupakan media yang lebih bersifat interaktif & pro-aktif di bandingkan dengan Web yang biasa ada di Internet. Sifat ini menjadi kunci utama untuk memperkuat image & eksistensi seseorang / perusahaan di Internet secara keseluruhan. Konsekuensi yang harus di tempuh oleh orang / perusahaan yang akan menggunakan mailing list adalah harus dapat berinteraksi / meresponds secara cepat menggunakan E-mail, karena semua pengguna E-mail di Internet berharap agar responds dapat dilakukan secara cepat. Untuk itu dibutuhkan orang / staff yang ulet & konsisten untuk menjawab berbagai pertanyaan yang dapat - tidak jarang di berbagai aktifitas Internet - justru CEO / CIO yang akan turun langsung menjawab berbagai pertanyaan tersebut.
Beberapa Teknik Dasar Mailing List
Pada dasarnya ada dua jenis server mailing list, yaitu:
- majordomo
- listserv
Jenis ini dapat dikenali dengan mengirimkan mail ke server yang dimaksud dengan alamat majordomo@server atau listserv@server, contoh:
majordomo@itb.ac.id
Di ITB kami menggunakan majordomo di UNIX yang memang lebih sederhana daripada listserv. Instalasi dilakukan oleh Arman dan Adnan Basalamah. Dengan majordomo tersebut, ITB pada saat merupakan host mailing list terbesar di Indonesia dengan diskusi yang meliputi beberapa kuliah di ITB, alumni ITB, berbagai teknik hingga kedokteran, ekonomi & pasar modal - pada saat tulisan ini ditulis jumlah diskusi yang ada di ITB telah melebihi 90 buah mailing list.
Majordomo & listserv merupakan server dari mailing list yang mengatur kerja mailing list terutama untuk berlangganan secara otomatis, pengambilan file dll. Daftar lengkap berbagai command dari majordomo & listserv terlampir pada tabel di bawah. Secara umum proses yang sering / akan terjadi adalah:
- Seorang pengguna Internet akan mengirimkan E-mail ke majordomo@host_server. Misalnya: majordomo@itb.ac.id untuk berbagai operasi mailing list.
- Untuk melihat daftar mailing list dengan cara, mengirim mail ke majordomo@itb.ac.id (misalnya) dengan isi berita : lists
- Setelah daftar mailing list yang ada di server yang dimaksud (itb.ac.id) di peroleh, maka untuk berlangganan mailing list tertentu (misalnya pau-miko) kita cukup mengirimkan perintah: subscribe pau-mikro
- Untuk melepaskan langganan, dapat dilakukan dengan mudah dengan perintah: unsubscribe
Tentunya masih banyak fasilitas lain yang diberikan oleh majordomo & listserv, terutama untuk memudahkan pengguna mengambil informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mailing list tertentu secara elektronik. Misalnya berbagai file dapat disimpan di server untuk kemudian diambil menggunakan perintah "get".
Daftar Perintah Majordomo
Perintah | Keterangan |
subscribe
| Subscribe anda (atau yang diberikan) ke
|
unsubscribe
| Unsubscribe anda (atau yang diberikan) ke
|
get | Ambil file yang berhubungan dengan |
index | Ambil index dari file yang dapat di "get" dari |
which [] | Mencari tahu list mana saja anda (atau jika diberitahukan) terdaftar. |
who | Mencari tahu siapa saja yang terdaftar pada |
info | Ambil informasi tentang |
Lists | Melihat list yang ada di Majordomo server |
help | HELP |
end | Stop processing commands |
Daftar Command Listserv
Perintah | Keterangan |
HELP | HELP |
HELP listname | Informasi tentang |
INDEX | |
LONGINDEX | Seperti INDEX + deskripsi masing-masing. |
ADD listname | Sama dengan SUBSCRIBE listname |
DELETE listname | Sama dengan UNSUBSCRIBE listname |
ADD address listname | Sama dengan ADD di atas dengan [ ] spesifik |
DELETE address listname | Sama dengan DELETE di atas dengan [ ] spesifik |
DELETE-ALL | UNSUBSCRIBE-ALL dari semua mailing list. |
DELETE-ALL address | UNSUBSCRIBE-ALL untuk [ tertentu. |
LIST | Melihat mailing list mana saja kita terdaftar. |
LIST address | Melihat mailing list mana saja [ ] terdaftar. |
FAQ | Daftar Frequently Asked Questions (FAQ) yang ada. |
FAQ listname | FAQ dari |
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.04 0 komentar
Label: Fokus
Meningkatkan Keamanan PC
Banyak hal menjengkelkan yang bisa terjadi pada komputer kita. Misalnya ada orang yang baik sengaja atau pun tidak sengaja menghapus file-file penting kita. Atau merubah berbagai konfigurasi pada Windows. Selain itu bisa saja orang lain melihat file-file Anda yang bersifat rahasia. Kejadian seperti itu sangat mungkin terjadi bila komputer Anda merupakan komputer "umum". Maksudnya banyak orang lain yang turut memakai, misalnya teman, adik atau saudara. Ingat, seorang pemula (dalam hal komputer) biasanya sangat senang mencoba-coba segala sesuatu pada komputer. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan yang terjadi pada komputer kita Anda bisa mencoba berbagai langkah berikut ini :
1. Password BIOS
Pertama kali Anda mesti membuat password pada BIOS Anda. Mengapa ? Karena pada BIOS ini terdapat fasilitas untuk meng-enable dan men-disable beberapa sumber daya komputer kita. Walaupun ada cara yang mudah untuk menembus password ini, tapi setidaknya ini akan memperlambat sang penyusup....
2. Pastikan booting hanya dari harddisk.
Pada BIOS Anda, pastikan setting untuk booting hanya dari harddisk. Dengan kata lain disable fasilitas booting dari floopy disk, CD-ROM, atau media lainnya.
3. Men-disable Start-up Menu
Dengan mendisable startup menu ini maka orang lain (termasuk kita) hanya dapat booting melalui Windows (tidak bisa booting pada DOS Prompt). Caranya, pada file config.sys tambahkan : SWITCHES=/F/N to CONFIG.SYS. Pada bagian paling atas dari file autoexec.bat tambahkan :
@CTTY NUL
@BREAK OFF
@ECHO OFF
Sedang pada bagian paling akhir dari file autoexec.bat tambahkan : CTTY CON
4. Men-disable Boot Key
Maksudnya adalah mencegah penekanan tombol F8 dan F5 selama booting. Dengan menekan F8 maka akan muncul start-up menu. Cara mendisablenya : Bukalah file msdos.sys yang terletak pada direktori utama (C:\) dengan Notepad. Lalu gantilah Bootkeys=1 menjadi Bootkeys=0.
5. Menyembunyikan icon pada Control Panel
Pada Control Panel terdapat berbagai fasilitas untuk melakukan setting/konfigurasi pada komputer kita. Misalnya setting tentang password, printer, desktop themes, dll. Nah bila Anda tidak ingin ada orang lain yang ingin mengganti setting komputer Anda, Anda bisa melakukan aksi berikut, yakni menyembunyikan berbagai icon pada Control Panel. Caranya, pertama buka file control.ini yang terdapat pada folder c:\windows\control.ini (bila folder windows Anda bernama lain, silahkan disesuaikan). Lalu di bawah bagian [don't load] silahkan masukkan fasilitas yang tidak ingin Anda tampilkan. Misalnya untuk menyembunyikan icon password silahkan tulis "password.cpl=no". Untuk menyembunyikan icon Desktop Setting, tulis "desk.ini=no", dan seterusnya. Untuk melihat daftar file *.cpl bisa Anda lihat di c:\windows\system.
6. Proteksi dengan Software
Proteksi dengan software bisa bermacam-macam bentuknya. Pertama enkripsi. Dengan melakukan enkripsi (penyandian) orang lain akan kesulitan untuk membuka file yang di-enkripsi. Pada waktu melakukan enkripsi kita diharuskan untuk memasukkan password, yang mana password tersebut juga akan digunakan untuk melakukan dekripsi. Dengan begitu orang yang tidak tahu passwordnya tidak akan bisa membuka file tersebut dan tidak akan tahu isinya. Contoh software yang digunakan untuk melakukan enkripsi adalah Cryptext, PGP, dll. Selain dengan enkripsi ada cara lain untuk mengamankan file-file kita, yaitu dengan menggunakan software Win-Secure It dan Folder Guard. Dengan software tersebut kita bisa menyembunyikan file/folder, mencegah eksekusi program, mencegah penghapusan (delete), dll. File yang sudah disembunyikan (hidden) tidak akan terlihat pada Windows Explorer walaupun option Show All File diaktifkan. Mencegah orang lain mengeksekusi/menjalankan program menjadi sangat penting jika Anda mempunyai software untuk melakukan konfigurasi pada Windows, seperti WinBoost, Tweak UI, Start Menu Changer, dan sebagainya.
7. Bila Anda termasuk paranoid
Dengan enam langkah di atas komputer Anda sudah mempunyai tingkat keamanan yang lumayan (tentunya bukan lumayan bagi seorang hacker). Namun bila Anda termasuk paranoid atau betul-betul takut komputer Anda diisengin orang lain Anda bisa meneruskan langkah berikutnya. Yaitu hapus atau rename-lah file-file yang termasuk kategori "berbahaya" bila dijalankan, seperti fdisk.exe, format.exe, dll.
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.03 0 komentar
Label: Fokus
Menangkal email spam
"You have mail!" demikian biasanya tampilan dilayar yang akan muncul jika anda pengguna sehari-hari jasa e-mail. Umumnya e-mail ini datangnya dari orang yang kita kenal atau teman diskusi di mailing list. Sayangnya banyak juga e-mail yang datang dari orang yang tidak kita kenal dan bahkan umumnya mereka mengirimkan e-mail dengan satu objektif yaitu memperoleh uang anda !
Umumnya e-mail tak dikenal ini dikenal sebagai "junk e-mail", "bulk e-mail" atau "spam" yang merupakan berita / e-mail komersial yang tidak di undang & tidak kita inginkan yang banyak membanjiri Internet setiap hari ke setiap desktop penggunanya. Termasuk saya banyak sekali menerima junk e-mail tersebut.
Sialnya sering kali junk e-mail ini dikirimkan oleh orang-orang tanpa di undang yang umumnya sangat suka memberikan janji-janji muluk tanpa usaha untuk memenuhi janjinya.
Mengapa hal ini semua terjadi? karena Internet telah menjadi media yang sangat murah dan mudah bagi para pemasar / sales untuk mencapai jutaan orang sekaligus. Biasanya seorang sales yang akan menggunakan Internet akan membeli daftar e-mail tersebut dari broker e-mail list Jika anda cukup aktif berdiskusi di newsgroup, mailing list, di Web, di chat room dll maka kemungkinan besar e-mail address anda akan masuk ke broker e-mail list tersebut. Adalah kebohongan kalau ada yang mengatakan anda akan memperoleh keuntungan jika anda mengirimkan sedikit uang ke beberapa orang yang namanya terdapat dalam list yang dikirim ke anda. Surat berantai juga sama bohong-nya. Umumnya orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan memperoleh kerugian finansial (walaupun mungkin tidak besar).
Saran yang ingin saya sampaikan disini adalah:
- Proses saja semua e-mail yang tidak di undang sama persis dengan cara anda menerima orang meminta-minta sumbangan ke tempat anda.
- Skeptikal dengan semua berita kemungkinan memperoleh uang yang mudah yang masuk ke mailbox anda. Semua ini hanya scam tradisional yang dikirim melalui teknologi yang lebih modern.
- Jangan pernah percaya bahwa anda akan dapat menghasilkan uang lebih besar dengan cara mengirimkan uang ke orang seseorang yang ada di daftar yang dikirim ke anda melalui e-mail.
Dan masih banyak lagi tentunya. Cara paling ampuh yang saya tempuh saat ini, kebetulan saya menggunakan Microsoft Outlook Express untuk membaca mail saya, maka cara termudah yang saya lakukan adalah gunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express, kemudian di buat rule supaya semua mail dengan isi spam, atau dari alamat tertentu yang biasanya mengirim spam di delete langsung di server tanpa perlu di download sama sekali. Dengan cara itu kita tidak perlu membayar koneksi ke Internet hanya untuk menerima spam. Bagi pembaca yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang berbagai trik yang perlu diperhatikan oleh pengguna Internet, maka salah satu tempat yang baik yang perlu dikunjungi adalah www.bbb.org.
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.03 0 komentar
Label: Fokus
Beenz, mata uang di internet
Seneng surfing sembari cari duit ? Anda bisa, tapi uangnya bukan berupa dollar, rupiah atau poundsterling, tapi beenz. Mata uang ini mulai diperkenalkan oleh Charles Cohen, seorang pendiri www.beenz.com. Ia menggagas mata uang ini dan mendorongnya untuk menjadi mata uang resmi di jagat maya.
Caranya begini. Pertama buka rekening di Beenz.com, lalu gandakan nilainya dengan mengunjungi situs-situs tertentu. Situs-situs ini akan memberi imbalan beenz untuk tiap informasi pribadi yang diberikan pad pengelolanya, atau sekedar karena seseorang mengunjungi situs tersebut beberapa saat.
"Anda akan memperoleh imbalan, hanya karena hadir di situs itu," kata Philip Letts, CEO Beenz.com. Jika Anda sudah bisa mengumpulan Beenz dalam jumlah banyak, Anda dapat membelanjakannya di 200 situs e-commerce, seperti MP3.com, ishop, dan Jellybeenz Gifts. Mereka menerima beenz sebagai alat pembayaran resmi.
Charles Chohen boleh jadi bukan sekedar mimpi untuk membuat Beenz sebagai mata uang masa depan. Colombus Bank and Trust sudah mengeluarkan beenz rewardzcard Master Card, yang memungkinkan pemilik Beenz membelanjakan uang maya ini di toko dan restoran yang ada dalam jaringan Master Card.
Bulan lalu, Beenz.com malah menerbitkan kartu debet yang memungkinkan pelanggan menukar Beenz dengan mata uang lokal. Kini tak kurang dari 1 milyar Beenz telah beredar di dunia maya. Nilai sementaranya, 200 Beenz setara dengan US$ 1 atau sekitar Rp 9400,-.
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.02 0 komentar
Label: Fokus
Pemikiran Pendanaan Untuk Usaha Warung Internet
Tulisan ini merupakan sebagian kecil sari dari buku saya "Teknologi Warung Internet" yang pada saat ini dapat Anda dapatkan di toko buku terdekat. Dalam buku teknologi warung internet tersebut dijelaskan dengan lebih detail sisi teknologi yang dapat digunakan untuk membangun sebuah warung Internet dengan basis sistem operasi Windows dan sebuah saluran telepon Dial-Up. Cukup banyak capture screen yang dilampirkan sehingga akan sangat memudahkan bagi para pemula untuk mengikuti teknik-teknik yang di usulkan untuk membangun sebuah warung Internet. Saya amat sangat menyarankan bagi pembaca yang ingin secara serius mengelola warung Internet untuk membaca buku tersebut agar tidak salah dalam mensetup teknologi yang digunakan. Di masa mendatang (mulai tahun 2000) jika dinginkan dapat digunakan teknologi DirecPC atau MediaCast yang menggunakan satelit VSAT yang kemungkinan besar price / performance yang akan diperoleh akan lebih baik dibandingkan teknologi dial-up, akan tetapi teknologi warung Internet yang digunakan tetap tidak berbeda terlalu jauh dengan teknologi yang diterangkan dalam buku teknologi warung Internet tersebut.
Pada kesempatan ini akan saya coba ketengahkan sisi pendanaan sebuah warung Internet agar dapat menguntungkan bagi pengelolanya dan tidak terlalu merugikan bagi penggunanya. Mudah-mudahan dengan cara ini kita akan melihat semakin marak-nya usaha / bisnis warung Internet di Indonesia.
Secara umum komponen utama yang akan sangat menentukan keberhasilan pengelolaan sebuah warung Internet, adalah :
- Adanya pangsa pasar yang cukup besar diwilayah / lokasi warung, biasanya pasar yang besar dari warung Internet adalah lokasi-lokasi turis asing, anak-anak muda / tempat-tempat pendidikan yang mempunyai konsentrasi pengguna yang cukup besar. Kemudian akan disusul oleh perumahan dekat kampus / kost siswa dan dunia usaha kecil / menengah.
- Investasi komputer yang jeli.
- Operator yang handal, sebaiknya dipilih dari orang-orang yang memang suka akan komputer.
Semua proses pendanaan warung Internet sebetulnya dapat diperhitungkan secara sederhana mengunakan pola rencana bisnis (bisnis plan) yang dapat dibantu perhitungannya menggunakan perangkat lunak Excel. Beberapa komponen mendasar yang harus diperhitungkan adalah :
- Investasi yang terdiri dari beberapa komponen utama seperti komputer, peralatan LAN, printer, perangkat lunak, meja kursi dan biaya marketing.
- Biaya operasi bulanan yang meliputi gaji operator, office boy, satpam, akses internet, biaya telepon, listrik air, ATK.
- Pemasukan yang berupa iuran bulanan bagi akses e-mail dan / atau akses Web.
Tinggal kita pandai-pandai menyiasati komponen di atas agar dapat menekan investasi & biaya operasi dan memaksimalkan pemasukan maka kemungkinan balik modal akan menjadi tinggi. Rata-rata jika diusahakan dengan baik dan benar, maka usaha warung Internet akan mengembalikan modalnya sekitar 12-20 bulan.
Rule of Tumb kecepatan pengembalian investasi sebetulnya cukup sederhana, yaitu :
- Semakin banyak pengguna maka semakin cepat balik modal.
- Semakin banyak komputer yang digunakan maka semakin cepat balik modal jika tingkat pendudukan komputer tersebut tinggi.
- Akses Internet melalui telepon pada kecepatan 33.6-56Kbps secara bersama akan membatasi jumlah komputer maksimal sekitar 10 buah sekaligus.
Komponen utama dalam investasi ada beberapa buah, yaitu komputer, peralatan LAN, printer, perangkat lunak, meja kursi dan biaya marketing. Di antara sekian banyak komponen utama maka komponen investasi yang paling besar adalah komputer. Untuk akses Web dibutuhkan komputer yang cukup cepat kelas Pentium 133. Untuk akses e-mail kita dapat menggunakan komputer dengan kelas yang lebih rendah.
Salah satu cara yang paling jitu dalam melakukan investasi komputer adalah membeli pada saat dilakukan pameran komputer atau membeli dalam partai besar di toko komputer yang besar seperti di Glodok atau Mangga Dua kalau dilakukan di Jakarta. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mencari komputer-komputer bekas dari Bank-bank yang mungkin sedang mengupgrade sistem komputer-nya atau yang terlanda musibah menjadi bangkrut dan menjual komputer-nya dengan harga murah.
Printer barangkali merupakan salah satu investasi yang juga akan menguntungkan terutama jika jasa mencetak surat / halaman Web dilakukan dengan biaya beberapa ratus s/d ribu rupiah per halaman, tergantung jenis printer yang digunakan apakah printer laser atau dot matriks.
Agar usaha warung Internet ini menjadi lancar, ada baiknya setiap bulan mengalokasikan sedikit dana untuk marketing misalnya Rp. 100.000 / bulan misalnya untuk mencetak brosur, gambar tempel dll.
Secara umum ada dua macam jasa utama yang dapat diberikan oleh sebuah warung Internet, yaitu akses Web dan akses E-mail. Selama ini sebagian besar warung Internet di Indonesia hanya memberikan akses Web saja. Sangat sedikit sekali warung Internet yang memberikan akses e-mail dengan domain sendiri. Kebanyakan klaim akses e-mail diberikan untuk FreeWeb e-mail yang sebetulnya mahal dan tidak menguntungkan untuk usaha Warung Internet.
Kita mulai dari pendanaan jasa akses e-mail. Terus terang menurut pengamatan & pengalaman penulis, pendanaan jasa e-mail barangkali merupakan jasa yang paling menguntungkan dari semua jasa-jasa Internet yang ada. Artinya dengan mengambil iuran per bulan yang relatif sedikit dari pengguna, keuntungan finansial yang diperoleh dari jasa ini sangatlah besar.
Pengalaman kami di lapangan pada saat mengkaitkan beberapa SMU, SMP ke Internet menunjukan bahwa akses E-mail menggunakan teknik perangkat lunak MDAEMON (http://www.mdaemon.com) hanya membutuhkan waktu 5-10 menit / hari dan sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar SMU / SMP jika tidak mensubscribe ke berbagai mailing list yang macam-macam. Akses Internet 5-10 menit / hari berarti hanya sekitar 5 jam / bulan akses Internet dan akan membutuhkan biaya hanya sekitar Rp. 50-100.000 / bulan biaya telepon & Internet dengan perkiraan biaya per menit akses Internet adalah sekitar Rp. 150 / menit. Tinggal kita tambahkan biaya forwarding e-mail dalam satu domain menggunakan DomainPOP atau ETRN, umumnya biaya yang dibutuhkan untuk ini adalah sekitar Rp. 50.000 / bulan untuk sebuah SMU atau sekitar Rp. 200.000 untuk sebuah warung Internet komersial / perguruan tinggi. Teknik DomainPOP atau ETRN perlu dipelajari secara baik menggunakan software MDAEMON di Windows atau menggunakan procmail di Linux. Dalam buku teknologi warung Internet akan digunakan MDAEMON karena kebetulan saya membatasi untuk sistem operasi Windows saja yang lebih sederhana bagi operator.
Dengan perhitungan sederhana sebuah warung Internet yang hanya memberikan jasa e-mail pada penggunanya. Tentunya asumsi ini agak sedikit salah karena tidak mungkin sebuah warung Internet hanya akan memberikan jasa e-mail saja. Sebuah warung dengan lima (5) buah komputer Pentium dan printer yang masih baru dengan dilengkapi furnitur yang baru pula akan membutuhkan investasi sekitar Rp. 13-17 juta. Perkiraan biaya bulanan akan sedikit lebih dari satu (1) juta per bulan dengan komponen utama honor operator Internet yang harus standby selama sekitar 12 jam / hari. Biaya akses Internet untuk jasa e-mail sangat minimal karena hanya beberapa ratus ribu rupiah per bulan.
Dengan target pemasukan hanya dari e-mail saja, misalnya setiap pelanggan warung yang menyewa jasa e-mail ini dibebani biaya langganan sebesar Rp. 10.000 per bulan maka jika ada sekitar 200 pelanggan warung akan menghasilkan sekitar Rp. 2 juta / bulan. Perhitungan sederhana akan menunjukan bahwa dalam waktu sekitar 20-21 bulan akan mengembalikan seluruh modal yang ada dengan biaya operasi yang tertutupi. Perhatikan disini bahwa biaya berlangganan jasa e-mail dilakukan per bulan bukan per jam seperti akses Web.
Tentunya skenario pengembalian modal ini akan menjadi lebih cepat lagi jika jumlah pelanggan warung lebih besar lagi misalnya 300 orang maka modal akan kembali dalam waktu sekitar 13 bulan. Lama alokasi waktu pemakaian komputer setiap pengguna dalam satu bulan akan lebih rendah bagi 300 pengguna menjadi sekitar 6 jam per bulan jatah waktu pemakaian komputer, sedang untuk 200 orang pengguna jatah waktu pemakaian akan 9 jam / bulan. Dengan asumsi warung Internet buka dari jam 8 pagi s/d 11 malam setiap harinya.
Dapat kita bayangkan bahwa dengan memberikan servis e-mail saja sudah menguntungkan bagaimana kalau di tambah dengan akses Web tentunya akan lebih cepat lagi kembali modalnya? Memang benar modal akan kembali lebih cepat lagi.
Mari kita lihat pola usaha bagi warnet dengan komputer yang lebih besar yaitu sepuluh (10) buah komputer. Investasi yang dilakukan akan berkisar sekitar Rp. 42-50 juta termasuk sekitar Rp. 7 juta cadangan dana untuk operasional warnet dalam dua bulan pertama. Tentunya kita dapat saja memilih untuk menggunakan jumlah komputer yang lebih sedikit misalnya 5 buah atau lebih kecil lagi. Tapi dari perhitungan sederhana tampaknya minimal yang masih menguntungkan jika kita menggunakan sekitar tiga (3) buah komputer lebih kecil dari itu akan sulit untuk mengembalikan modal.
Berbeda dengan jasa e-mail maka pada jasa akses Web maka biaya operasi bulanan yang cukup besar adalah biaya akses Internet dan telepon dan sangat tergantung dari lamanya pendudukan telepon / Internet oleh warung Internet. Teknik Proxy menggunakan perangkat lunak Wingate mungkin dapat dijadikan standar dalam pengelolaan akses Web di sebuah warung Internet. Jika warung Internet dibuka dari pukul 8 pagi s/d 11 malam dengan tingkat pendudukan komputer sebesar 25% (cukup wajar untuk asumsi awal, kecuali kalau kita dapat memperoleh tempat di lingkungan kampus). Maka lama waktu pendudukan saluran Internet rata-rata empat (4) jam per hari, maka rata-rata biaya akses Internet yang harus dikeluarkan per bulan akan sekitar satu (1) juta rupiah per bulan, belum termasuk biaya honor operator, listrik dll yang akan memakan tambahan sekitar satu (1) juta per bulan tambahan sehingga total biaya sekitar Rp. 2-2.5 juta per bulan.
Dengan adanya sepuluh (10) buah PC, maka pemasukan uang yang diperoleh akan cukup lumayan. Sebagai contoh dengan perhitungan sederhana saja jika tingkat pendudukan komputer warnet sebesar 25% waktu maka per bulan akan menghasilkan sekitar Rp. 5 juta / bulan dengan tarif akses Web Rp. 5000 / jam. Padahal biaya operasi per bulan hanya sekitar Rp. 2.5 juta / bulan dengan komponen utama biaya telkom & Internet yang sekitar Rp. 1 juta dan honor operator sisanya. Modal akan kembali sekitar 18 bulan.
Saya pribadi terus terang tidak akan menyarankan untuk melakukan dumping harga dalam usaha warung Internet ini, walaupun dengan kekuatan sepuluh komputer usaha kita masih bisa survive dengan harga sekitar Rp. 3500 / jam. Karena proses dumping harga akan menyulitkan banyak pihak dan resiko juga menjadi cukup besar bagi kita semua yang mengusahakan warung Internet. Kalau saya boleh menyarankan harga sebaiknya di tahan di sekitar minimal Rp. 5000 / jam sebaiknya agak di atas lagi sekitar Rp. 7500 s/d Rp. 10.000 / jam barangkali lebih baik.
Inti dari semua penjelasan ini sebetulnya sederhana, yaitu bahwa usaha warung Internet bukanlah sebuah usaha yang merugikan bahkan merupakan sebuah usaha yang dapat sangat menguntungkan tergantung cara kita mengelola dan melakukan marketing dari warung / usaha tersebut. Pemberian jasa akses e-mail akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan pemberian jasa akses Web. Akan tetapi pada proses pemberian jasa akses e-mail dibutuhkan pengetahuan yang lebih kompleks dibandingkan akses Web.
Di samping usaha standar akses Web dan e-mail dalam bentuk warung Internet, nilai tambah sebuah warung Internet dapat di tingkatkan dengan drastis jika kita memberikan jasa-jasa tambahan di atas usaha warung Internet seperti pelatihan Internet, pelatihan pembuatan Web, pelatihan / jasa membuatkan Web, jasa iklan di Internet dan banyak lagi yang kadang-kadang bahkan lebih menguntungkan dari usaha warung Internet itu sendiri - tapi sangat tergantung pada keberadaan warung Internet.
Diposting oleh Alfon Giostanov di 11.01 0 komentar
Label: Fokus
Mengurangi Email-Email Spam
Kesal, mungkin itu yang terlintas dipikiran anda ketika anda sudah cukup lama mendownload email dari ISP dan yang didapat hanyalah email-email aneh yang sebenarnya tidak diinginkan. Jumlahnya pun tidak hanya satu atau dua saja tapi bisa belasan bahkan puluhan dalam satu hari. Benar-benar menghabiskan waktu, uang dan bandwidth.
Email-email inilah yang disebut sebagai spam mail, atau email-email sampah. Saat ini banyak sekali bandwidth yang terbuang untuk mentransmisikan spam mail ini ke seluruh dunia. Tapi apa mau dikata, inilah konsekuensi dari internet yang bisa digunakan semua orang. Spam mail biasanya berisi promosi suatu barang, multi level marketing dan email berantai. Melihat dari isinya maka spam mail biasanya digunakan oleh bagian marketing dari suatu perusahaan baik perusahaan online atau perusahaan biasa untuk menawarkan produk atau jasanya. Sebut saja para marketer ini sebagai spammers. Di satu sisi memang cara ini tidak bisa disalahkan, karena memang internet boleh dipergunakan sebagai ajang promosi dan itu tugas para marketer tapi di sisi lain banyak pihak yang dirugikan, apalagi para pengguna yang tidak ingin mailboxnya dikotori oleh spam mail.
Biasanya para spammers mendapatkan alamat email anda dari suatu perusahaan atau kelompok yang menggunakan semacam software yang berfungsi sebagai robot untuk mengkoleksi alamat email dari Usenet, web directory, anggota ISP atau anggota mailing list.
Spam mail sudah menjadi musuh di internet dan sudah banyak pihak yang berusaha untuk menanganinya tapi bagaimanapun usaha itu tetap saja tidak ada suatu hukum yang melarang untuk melakukan ini. Bahkan ada perusahaan di web yang khusus bergerak di bidang spammers misalnya Cyber Promotion.
Melihat hal ini, kita tidak dapat bertindak banyak selain berusaha untuk mengurangi debit email yang sampai ke komputer kita. Apa yang bisa kita usahakan untuk mengurangi debit email ini ?
Menghapus email Anda dari daftar mailing spammers
Kalau anda memperhatikan isi dari spam mail yang diterima, mungkin ada beberapa diantaranya yang mencantumkan cara untuk menghapus alamat email anda dari daftar penerima spam. Apabila memang ada maka lakukanlah hal itu, jangan menunda-nunda. Mungkin ada diantaranya ada yang hanya dengan me-reply email yang dikirim atau menuliskan sesuatu di subject atau mengirimkan email ke suatu alamat tertentu.
Inilah salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi debit spam mail yang anda terima tapi jika memang dalam email tersebut tidak tercantum cara untuk menghapus maka perhatikan informasi lainnya, seperti alamat, telpon, fax dll yang dengan informasi itu setidaknya kita bisa menghubungi spammer tersebut.
Trace Spammer
Apabila cara diatas tidak mempan, mungkin setelah anda mengirimkan perintah penghapusan tapi tetap saja anda menerima spam maka trace saja spammer tersebut. Biasanya spammer menggunakan alamat email palsu tapi tetap saja kita bisa mengetahui server pengirimnya dengan menggunakan informasi yang terdapat pada header spam mail tersebut. Header email biasanya menyimpan informasi tentang server-server yang dilewati atau routing dari email dari server pengirim sampai ke server penerima.
Return-Path:
Received: from fleet.mail-list.com ([38.153.179.6]) by bdg.centrin.net.id
(Netscape Mail Server v1.1) with ESMTP id AAA17821;
Sat, 18 Sep 1999 13:12:06 +0700
Received: from announce by fleet.mail-list.com with local (Exim 2.10 #5)
id 11SCBd-0007SE-00
for get-it-for-free@fleet.mail-list.com; Sat, 18 Sep 1999 04:33:21 +0000
To: "free-list"
Subject: get-it-for-FREE...Weekly Part Two
Date: Fri, 17 Sep 1999 23:44:36 -0500
Precedence: bulk
From: get-it-for-free freebie@get-it-for-free.com
Dari email diatas, pengirim menggunakan alamat palsu yaitu freebie@get-it-for -free.com tapi bila dilihat dari header spam mail tersebut ternyata email ini berasal dari server fleet.mail-list.com dari user get-it-for-free-admin@fleet.mail-list.com. Informasi inipun sebenarnya bisa saja palsu tapi untuk mengecek kebenarannya, silakan gunakan fasilitas whois dari Internic. Nah, anda tinggal mengirim email ke admin dari server tersebut atau hapuslah alamat email anda bila spam ternyata berasal dari suatu mailing list.
Manfaatkan filter dari mail client
Dalam mail client misalnya Eudora, Outlook, Pegasus dll biasanya terdapat suatu fasilitas untuk mem-filter email yang masuk dari ISP anda. Hanya anda sendiri yang dapat mendefinisikan mana spam mail yang ingin dihapus. Masukkan alamat itu ke dalam filter dan set untuk 'automatically delete' maka bila anda menerima email dari spammer tertentu, mail client akan langsung menghapusnya di server tanpa men-download email secara lengkap. Cara ini cukup efektif apabila tidak ada penambaham spam mail dari para spammer yang baru, apabila ada maka anda harus merelakan sedikit waktu anda untuk men-set filter.
Usahakan email Anda tidak diketahui spammer
Tentunya sulit untuk melakukan hal ini, karena sebenarnya anda tidak mengetahui secara pasti mailing list mana yang berfungsi sebagai spammer atau bisa saja para spammer mendapatkannya dari cara lain. Tapi setidaknya hati-hatilah terhadap penawaran untuk mengikuti mailing list atau pengiriman email di web yang kurang meyakinkan. Spammer biasanya menggunakan software yang disebut header scanner untuk mendapatkan alamat email dari newsgroup, mailing list dsb untuk menjadi client.
Buat email anda tidak terlihat di mailing list
Mailing list adalah salah satu sumber terbesar dari para spammer terutama mailing list-mailing list yang tidak di maintain dengan baik oleh adminnya. Spammer dapat dengan mudah mendapatkan alamat email dengan cara mengirimkan perintah-perintah tertentu ke mailing list processor. Jika mailing list anda menggunakan Listserv dan Listprocessor maka perintah 'review' akan menampilkan alamat subscriber atau pada Majordomo dengan perintah 'who'.
Untuk membuat alamat email anda tidak tampak, kirimkan saja email untuk set conceal atau noconceal.
Menggunakan fasilitas remailer dan alias
Remailer biasanya menawarkan alamat email untuk seumur hidup meskipun anda mengganti ISP. Remailer akan mem-forward email ke alamat anda di ISP, atau disebut juga sebagai forwarder. Bagaimana remailer bisa mengurangi urusan anda dengan spam mail ? Gunakanlah remailer yang anda buat, khusus untuk keperluan posting ke newsgroup yang diatas dijelaskan sebagai sumber dari spammer sebab dengan cara ini anda akan lebih mudah mem-filter email yang masuk.
Alamat alias untuk email anda dapat berfungsi sebagai deflektor apabila ada spam mail yang masuk dan gunakan hanya untuk posting ke newsgroup.
Usahakan email anda tidak terdaftar pada suatu mail directory
Mail directory adalah suatu database yang berisi alamat-alamat email dan dapat digunakan sebagai tempat pencarian alamat email teman, keluarga atau kerabat lainnya apabila suatu saat anda kehilangan alamat email mereka. Salah satu sumber spammer adalah mail directory ini, dengan mudah mereka mengambil data-data dari database dan membuat database email sendiri. Karena itu usahakan untuk tidak mendaftarkan alamat email anda ke suatu directory meskipun resikonya bahwa alamat email anda tidak bisa dicari oleh teman-teman anda.
Karena itu usahakan untuk tidak mendaftarkan alamat email anda ke suatu directory meskipun resikonya bahwa alamat email anda tidak bisa dicari oleh teman-teman anda.
Jangan menjadi seorang spammer
Untuk tidak menjadi seorang spammer, sebaiknya anda memperhatikan untuk tidak me-reply atau mem-forward spam mail yang anda terima ke alamat lain. Misalnya saja ketika anda menerima email berantai, janganlah anda tertipu untuk mem-forward email ini ke teman atau kerabat anda, karena bila anda lakukan secara tidak sengaja anda akan menjadi seorang spammer.
Buatlah filter lengkap di server anda
Khusus anda yang mempunyai mailbox di server atau shell account atau para administrator, gunakanlah beberapa software atau buatlah beberapa script untuk mencegah masuknya spam mail ini ke server anda. Ada beberapa software yang khusus dibuat untuk menangani masalah ini misalnya Spam Attack (http://www.softwiz.com/) dan eFilter (http://catalog.com/tsw/efilter/).
Diposting oleh Alfon Giostanov di 10.58 0 komentar
Label: Fokus